Thursday, September 10, 2020

        Jika mendengar cerita kebanyakan orang tentang Alas Roban yang berada di sepanjang jalur pantura Batang selalu saja menyajikan cerita seram. Mulai dari bus yang terperosok ke tengah hutan, penampakan makhluk gaib di sepanjang jalur Alas Roban, warung makan yang ternyata fisik aslinya tidak ada dan cerita lainnya yang tak kalah menyeramkan. Kalau kalian punya cerita seram apa nih seputar Alas Roban?

        Kali ini aku nggak akan bahas cerita seram, tapi justru sebaliknya. Ternyata tak jauh dari Alas Roban ada keindahan yang tak banyak diketahui banyak orang. Bukit Pangonan nama tempatnya, berada di Desa Timbang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang.

Bukit Pangonan dari atas

        Warga sekitar menyebut objek wisata ini sebagai Bukit Pangonan, tetapi jika di Google Maps kalian bisa cari WAP (Wisata Alam Pangonan). Lokasinya tak jauh dari Jalan Raya Subah (masih sekitar Alas Roban). Patokannya jika ada sekolah dasar belok kanan dan ikuti jalan tanah setapak. Untuk akses hanya bisa untuk motor saja saat ini karena jalan sempit dan masih tanah meski semakin naik ada jalan yang sudah di cor.

Maps menuju WAP (Wisata Alam Pangonan)

       
Saat tiba di Bukit Pangonan, ternyata tidak ada tiket masuk ataupun penjaga. Wisata ini seperti tidak terurus atau malah ketika dibangun terkena dampak Covid-19 sehingga tak dilanjutkan lagi. Entahlah, padahal sangat indah dan jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan pendapatan untuk warga sekitar. Harapannya semoga pandemi segera berakhir objek wisata ini bisa diteruskan pembangunannya agar lebih banyak pengunjung.

Jalan berkelok-kelok menuju Bukit Pangonan, Batang
Tempat santai di Bukti Pangonan

Aku datang sesaat setelah sholat subuh, sambil menanti matahari terbit. Agak seram sih karena dari jalur masuk setapak yang sempit hingga ke atas masih gelap dipenuhi hutan dan juga perkebunan warga. Menurutku best time buat mengunjungi Bukit Pangonan ini ketika musim kemarau, matahari terbitnya indah banget. Hanya saja saat musim kemarau udara sedang dingin-dinginnya. Bukit Pangonan yang merupakan gardu pandang untuk menikmati keindahan alam Kabupaten Batang ini benar-benar memberikan keindahan yang masih alami.

Pemandangan dari Bukit Pangonan indah banget, dari sini aku bisa lihat hamparan hutan-hutan Alas Roban dan juga perkebunan warga. Dari kejauhan seperti bukit-bukit hijau yang berbaris. Spot foto terbaiknya ada di landmark dengan tulisan “Love Pangonan”. Wajib banget buat foto di sini ya. Ada beberapa tempat duduk juga di sini untuk santai-santai menikmati pemandangan bersama teman-teman.

Spot foto yang wajib dicoba kalau ke sini

Saat mengunjungi di pagi hari rasanya kaya private banget karena nggak ada orang sama sekali kecuali aku dan patner travelingku. Aku jadi bener-bener puas banget menikmati keindahan di sekitar Bukit Pangonan, udara yang nyaris tanpa polusi dan yang terpenting bisa menghirup udara segar tanpa terhalang masker.



Biar lengkap mengenai kondisi jalan sampai pemandangan di Bukit Pangonan seperti apa kalian bisa simak video aku di bawah ini ya. Jangan lupa buat like dan subscribe ya, biar kalian nggak ketinggalan cerita-cerita tentang destinasi wisata di Indonesia.


Gimana, Guys setelah melihat indahnya Bukit Pangonan? Rasanya terbantahkan ya, dulu aku kira Kabupaten Batang itu hanya Alas Roban dan hutan-hutan saja tapi ternyata ada keindahan lain di balik seramnya hutan-hutan Alas Roban. Jangan lupa diagendakan ya untuk kesana kalau kebetulan kalian lewat Jalan Raya Subah atau jalan pantura Kabupaten Batang. Nanti aku bakal cerita Kabupaten Batang lagi ya jika ada destinasi baru. Selamat liburan ya!

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template