Saturday, September 12, 2020

        Bingung akhir pekan besok jalan-jalan kemana bersama keluarga atau teman-teman? Buat yang tinggal di daerah Semarang dan sekitarnya mungkin jalan-jalan ke Kabupaten Batang bisa jadi alternatif. Pasalnya jarak dari Semarang ke Batang juga tak terlalu jauh, sekitar dua hingga tiga jam berkendara. Tapi enaknya kemana ya? Nih simak referensi tempat piknik dari aku.

        Seperti pengalamanku beberapa minggu lalu, aku memulai perjalanan dari Kota Semarang dengan mengendarai sepeda motor. Melewati jalan pantura Semarang – Batang yang ramai dengan kendaraan luar kota. Oiya, saat melewati perbatasan Kendal – Batang aku sempat berhenti di jembatan penghubung antar tol yang ikonik, kalau menggunakan mobil pasti biasanya lewat. Jangan lupa foto-foto di sini ya. Hehehe . . .


        Sesudah melewati Alas Roban maka akan ada petunjuk menuju Pantai Jodo ke arah utara. Sayangnya saat itu jalannya sedang ada perbaikan jadi sangat berdebu dan kurang nyaman dilewati. Sepanjang jalan  melewati pabrik dan areal persawahan. Nggak usah bingung kalau ada jalan bercabang karena petunjuknya jelas. Setelah melalui perjalanan hampir tiga jam akhirnya aku sampai juga di depan pintu masuk Pantai Jodo.

        Saat di pintu masuk sudah ada petugas yang akan cek suhu tubuh dan mengingatkan untuk menggunakan masker. Di era new normal seperti saat ini dua hal itu memang wajib dilakukan. Untuk tiket masuk saat aku ke sana dua orang ditambah satu motor sekitar 15 ribu rupiah. Landmark bertuliskan “Pantai Jodo” akan menyambut setiap pengunjung yang datang dengan latar pantai. Ini juga jadi spot foto wajib kalau berkunjung ke Pantai Jodo.

Spt foto wajib di Pantai Jodo

Spot foto wajib

        Di Pantai Jodo bagian pinggir pantainya dipenuhi pantai cemara yang tertata rapi. Ada banyak tempat duduk untuk bersantai dan juga warung berjejer. Penataannya sudah rapi, namun sayangnya masih ada sampah berserakan. Karena aku datang saat masih panas sekitar jam tiga sore, jadi aku mampir ke warung-warung sekitar buat jajan. Harganya normal dan nggak mahal koq, tapi alangkah baiknya tanya harga dulu setiap mau makan di tempat wisata ya genks takutnya kena harga getok kan jadi tekor banyak.

        Tujuan utama ke Pantai Jodo sebenernya buat sunset-an di Tebing Cinta. Tebing Cinta? Jadi ini merupakan tebing di sisi jalur kereta api jalur utara. Lokasinya nggak jauh dari pantainya koq, hanya harus melewati jalan setapak di sebelah danau buatan. Lalu menyeberang rel kereta api tanpa pintu palang. Naiknya juga nggak terlalu ekstrem cuma harus tetap hati-hati ya karena banyak batu-batuan.

        Suasana di Tebing Cinta ini bener-bener asyik banget, enak gitu buat nunggu sunset. Dari sini juga bisa lihat pemandangan Pantai Jodo dan danau buatan dari atas. Sunset di sini sempurna banget dari warna sama bentuknya. Entah karena waktunya pas atau emang mataharinya lagi bagus-bagusnya tapi di sini bisa puas banget menikmati sunset.

Suasana Tebing Cinta saat matahari terbenam

Sunset di Tebing Cinta

        Anyway . . . saat berburu sunset di Pantai Jodo ini aku sempet bikin video juga lho dari drone. Biar kalian puas lihatnya atau bisa jadi referensi kalian yang masih bingung mau berburu sunset di mana bisa cek video aku di bawah ya.


        Gimana? Beneran indah banget kan sunsetnya, nggak kalah sama di Bali deh pokoknya. Buruan di wishlist ya Guys, biar kalian nggak bingung kalau ke Batang mau main kemana aja. Selamat liburan ya!

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template