Sunday, March 7, 2021

 

        Ketika masih masa anak-anak selalu dianjurkan untuk minum susu oleh orang tua. Alasan utamanya tentu untuk kecerdasan otak dan  pertumbuhan. Biasanya susu dikonsumsi ketika sarapan maupun menjelang tidur malam. Namun, ketika beranjak dewasa apakah minum susu menjadi begitu penting?

Susu Dancow untuk dewasa (pict from pixabay)

        Konsumsi susu untuk orang dewasa justru sangat penting karena tubuh memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk memperkuat tulang pada orang dewasa. Seiring bertambahnya usia, cadangan kalsium dalam tubuh akan semakin berkurang. Oleh karena itu, pastikan cadangan kalsium dalam tubuh tercukupi salah satunya dengan mengkonsumsi susu. Tak hanya kaya akan kandungan kalsium, susu rupanya juga mengandung protein, mineral dan vitamin D yang juga baik untuk kesehatan tulang agar tak terjadi pengeroposan tulang atau osteoporosis.


Salah satu produk yang disarankan yakni susu Dancow untuk dewasa yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap bagi tubuh. Dancow merupakan salah satu brand susu terbaik yang telah dipercaya banyak orang. Selain memiliki kandungan seperti kalsium, protein, mineral dan vitamin D susu Dancow juga memiliki kandungan lemak yang dapat mendukung tubuh aktif beraktivitas.


        Lantas kapankah waktu yang baik meminum susu untuk orang dewasa? Selama ini banyak yang sepakat bahwa waktu minum susu terbaik yaitu saat pagi hari. Tetapi, tak sedikit pula orang dewasa yang memilih untuk meminum susu pada malam hari menjelang tidur. Namun, sebenarnya minum susu bisa dilakukan kapan pun tetapi masing-masing waktu juga memiliki manfaat.


Minum susu pada pagi hari bisa menjadi sumber energi agar aktif saat beraktivitas. Bagi yang sedang menjalani diet, minum susu di waktu pagi hari juga bisa membuat kenyang lebih lama. Kandungan lemak dan protein dalam susu bisa membantu menjaga metabolisme tubuh serta mengurangi sensasi lapar.


Tak hanya itu saja, kandungan protein juga berperan untuk mendukung regenerasi otot apabila mengkonsumsi susu pada pagi hari terutama setelah berolahraga pagi. Selain itu, apabila mengkonsumsi susu rendah lemak pada pagi hari bersamaan dengan sereal juga bisa membantu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh sehingga dapat mencegah diabetes.


Sedangkan minum susu pada malam hari juga memiliki banyak manfaat yang juga penting untuk tubuh. Minum susu pada malam hari khususnya menjelang tidur dapat merelaksasi tubuh saat tidur. Pasalnya susu memiliki kandungan zat triptofan yang membantu merelaksasi tubuh sehingga dapat mencegah sulit tidur. Kandungan asam amino dalam susu juga tak kalah penting karena bisa membantu menenangkan syaraf otak.


Susu yang dikonsumsi saat malam hari juga bermanfaat untuk menyediakan asupan energi saat terbangun di pagi hari. Tak hanya bermanfaat untuk energi fisik saja, tetapi juga energi mental. Dengan minum susu sebelum tidur malam ternyata juga sangat membantu agar perut tetap kenyang saat tidur. Dalam kondisi tidur saat malam hari, susu juga membantu melancarkan pencernaan sama halnya seperti mengkonsumsi pepaya yang baik untuk pencernaan. Apabila dikonsumsi secara rutin, minum susu sebelum tidur dapat mencegah terjadinya sembelit sehingga pencernaan jadi lancar.


Kapan pun waktunya, minum susu merupakan hal baik dan sangat penting untuk tubuh dalam menjaga kesehatan. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu kekenyangan ketika mengkonsumsi susu karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan tubuh. Ingat, segala sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidak baik. Kamu bisa minum susu sehari satu hingga dua kali itu sudah cukup untuk membantu tubuh dalam memenuhi nutrisi dan vitamin.

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template