Saturday, March 20, 2021

 

        Memiliki napas yang segar merupakan salah satu tolak ukur penampilan yang menarik. Namun, apabila memiliki bau mulut maka akan merusak kepercayaan diri seseorang. Pasalnya selain mengganggu penampilan, bau mulut juga membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman.

Cara alami menghilangkan bau mulut (pic from pixabay)

        Menurut penelitian, 80 persen bau mulut disebabkan oleh masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Jarang menggosok gigi merupakan salah satu penyebab terjadinya bau mulut yang paling sering terjadi. Namun tak usah khawatir, ada beberapa cara alami atasi bau mulut di bawah ini.


Rajin Gosok Gigi

        Hampir 80 persen masalah bau mulut disebabkan oleh kesehatan gigi. Oleh karena itu, gosoklah gigi setidaknya dua kali dalam sehari terutama setiap selesai makan. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami dari lemon essence dan seasalt formula yakni Close Up White Attraction Natural Smile. Pasta gigi Close Up White Attraction Natural Smile memiliki sensai menthol yang menyegarkan dan membuat napas segar.


Menggosok gigi secara teratur dapat membantu mengangkat sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. Jangan lupa pula untuk selalu mengganti sikat gigi 3 bulan sekali sebab bulu sikat yang tipis tidak akan efektif untuk mengangkat plak dan sisa makanan di gigi.


Perbanyak Minum Air Putih

        Bau mulut juga disebabkan oleh mulut yang kering. Cara terbaik untuk mengatasinya perbanyaklah minum air putih agar mulut menjadi lembab. Apabila asupan cairan terpenuhi maka produksi air liur akan meningkat yang membuat bakteri penyebab bau mulut tidak berkembang biak.

        Tidak ada takaran pasti berapa banyak minum air putih. Pastikan saja minum air putih ketika haus agar mulut tetap lembab dan nafas tetap segar.


Bersihkan Lidah Secara Rutin

        Selain rutin menggosok gigi dan perbanyak air putih, membersihkan lidah juga perlu dilakukan agar bau mulut berkurang. Biasanya terdapat plak dan bakteri pada lidah yang bisa menyebabkan nafas tidak sedap.

        Gunakan scraper, alat khusus untuk membersihkan lidah.  Alat ini dapat membersihkan bakteri, sisa makanan dan sel kulit mati yang menempel di lidah.


Berkumur Dengan Bahan Alami

        Salah satu cara alami menghilangkan bau mulut yaitu berkumur dengan bahan-bahan alami seperti soda kue, garam serta air jahe. Soda kue efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut, caranya cukup larutkan dua sendok the soda kue ke dalam segelas air hangat. Begitupun dengan garam dan jahe yang memiliki antibakteri di dalamnya dan sangat ampuh mengusir bau mulut akibat bakteri.


Berhenti Merokok

        Kebiasaan merokok tak hanya merusak jantung dan paru-paru, tetapi juga dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Selain itu, para perokok juga lebih rentan menderita penyakit gusi dan masalah mulut yang lainnya.

        Untuk menghindari bau mulut yang tak sedap mulailah untuk berhenti merokok. Selain sehat untuk jantung dan paru-paru, dengen berhenti merokok akan membuat nafas kembali fresh.


Hindari Makanan yang Menjadi Pemicu Bau Mulut

        Banyak jenis makanan yang dapat berpengaruh terhadap aroma mulut dan napas. Contohnya saja bawang putih, petai, jengkol, dan durian. Maka hindari makanan tersebut agar napas fresh dan tidak bau mulut.


        Sebagai gantinya coba untuk konsumsi sejumlah makanan di bawah ini untuk menghilangkan bau mulut.


Permen Karet

        Mengunyah permen karet bisa menghilangkan bau mulut saat darurat. Sebaiknya pilih permen karet dengan rasa mint dan hindari permen karet rasa manis. Permen karet rasa mint bisa menyamarkan bau mulut, sedangkan permen karet rasa manis mengandung gula yang bisa merusak gigi.


Yogurt

        Konsumsi yogurt secara rutin tanpa gula ternyata efektif bisa mengurangi bau mulut. Kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt cukup ampuh untuk menghilangkan aroma tak sedap di mulut.


Buah Apel

        Apel merupakan salah satu jenis buah yang paling ampuh menghilangkan bau mulut. Pasalnya tekstur apel dapat membantu mengangkat plak yang ada di gigi. Selain itu, apel juga dapat melembabkan mulut yang dapat mengurangi bakteri pemicu bau mulut.


Itulah cara sederhana dan alami untuk mengatasi bau mulut dan napas tidak sedap yang sangat mengganggu penampilan. Jika masalah bau mulut masih belum reda segera periksa ke dokter gigi untuk memeriksa penyebabnya.

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template