Sunday, August 8, 2021

 

        Punya impian jalan-jalan ke luar negeri? Membayangkan akan menjelajah negara Turki, Dubai atau Maldives saja sudah begitu menyenangkan ya dengan keindahannya. Tenang, mimpimu ke luar negeri bakal terwujud koq salah satunya dengan cara menabung dolar AS sejak lama sebelum berangkat.

Valuta asing

        Jika kamu bertanya kenapa harus menabung dolar AS tentu saja jawabannya karena dolar AS merupakan salah satu valuta asing atau mata uang asing yang diterima di seluruh dunia dan stabilitasnya pun kuat. Keuntungan menabung mata uang asing salah satunya yakni saat tiba-tiba dolar naik maka tabungan dolar kamu akan terlindungi dan terjaga dari fluktuasi dolar.


        Meski menabung valuta asing terbilang menguntungkan bagi orang yang akan berpergian, bekerja maupun studi di luar negeri namun ada banyak hal yang harus diketahui sebelum membuka tabungan valuta asing. Beberapa poin di bawah bisa kamu gunakan acuan sebelum membuka tabungan valas.


Cek syarat dan ketentuannya

        Seperti pada umumnya jenis tabungan lainnya, menabung valas pun akan dikenakan biaya administrasi. Maka, cermatilah syarat dan ketentuan yang berlaku pada tabungan valas yang kamu pilih.


        Selain biaya administrasi, biaya selisih kurs serta penutupan rekening juga harus kamu pikirkan juga ya. Jangan sampai tabungan valas milik kamu malah justru berkurang banyak karena biaya-biaya tersebut.


Tentukan banknya

        Menabung valuta asing sekarang ini tidaknya sulit. Perbankan di Indonesia sudah banyak yang menawarkan layanan tabungan valas. Yang jadi bahan pertimbangan kamu dalam menentukan bank apa yang akan dipilih salah satunya yakni pilihan mata uang yang disediakan oleh bank. Kamu bisa mempertimbangan HSBC Advance untuk menabung valuta asing karena menyediakan 11 mata uang.


        Saldo minimum yang ditetapkan juga patut jadi pertimbangan. Dengan saldo yang kecil diharapkan kaum milenial bisa menabung sekaligus berinvestasi valas. Selain dua hal di atas, mintalah rincian biaya yang dikeluarkan setiap bulannya, jangan sampai kamu kaget dengan biaya tak terduga nantinya ya.


        Menabung valas juga tak luput dari biaya konversi mata uang. Jadi, tanyakanlah kepada pihak bank mengenai berapa biaya yang dikeluarkan untuk hal tersebut. Dan yang terakhir, pilihlah bank yang fleksibel. Artinya, pilih bank yang bisa membuka rekening valas di manapun berada atau secara online.


        Tabungan valas tak hanya untuk mempersiapkan ketika berencana ke luar negeri, tetapi juga memudahkan kamu karena tak perlu lagi ke money changer untuk menukarkan uang. Kamu bisa tarik tunai di negara tujuan karena akan dikonversikan secara otomatis oleh bank.


        Selain menabung valas, kamu yang akan traveling ke luar negeri juga harus bisa menabung non uang. Contohnya, jika kamu akan pergi bulan Oktober maka di awal tahun kamu harus mulai booking tiket pesawat dan juga hotel. Tips ini ampuh banget jika diterapkan buat traveler karena akan terasa ringan memikirkan biaya-biaya traveling. Selain terasa ringan, dengan mulai memikirkan tiket pesawat dan hotel sejak jauh hari maka kamu punya banyak waktu untuk berburu promo tiket pesawat di beberapa online travel agent. Dijamin bisa hemat lho!


        Dengan mempersiapkan segala sesuatu untuk melancong ke luar negeri sejak jauh hari maka rencana perjalanan akan berjalan sesuai yang diinginkan. Sebab, terkadang untuk memesan tiket pesawat ataupun hotel di waktu yang sudah dekat harganya lebih mahal. Begitulah serba-serbi yang harus dipersiapkan ketika akan ke luar negeri. Persiapkan tabungan valas kamu dari sekarang ya, Travel Lovers!

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template