Monday, June 20, 2022

 

Indonesia kaya akan pulau-pulau cantik nan eksotis. Mulai dari Pulau Weh di Aceh, Pulau Samosir Danau Toba, Wakatobi di Sulawesi, hingga Pulau Wayag di Papua. Pulau-pulau tersebut menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing yang sayang untuk dilewatkan.

 

Buat kamu yang baru pertama kali liburan ke pulau-pulau di Indonesia, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. Simak tips berikut supaya liburan kamu sukses dan lancar!

 

Pulau Samosir Danau Toba

Siapkan tubuh yang fit

Jangan pernah berangkat liburan, terutama ke pulau, dalam keadaan yang tidak fit. Selain selama perjalanan tidak nyaman, hal ini juga akan memperburuk penyakitmu. Sebaiknya jika beberapa hari sebelum berangkat kamu merasa tidak fit, langsung gempur dengan vitamin dan obat yang diperlukan. Jadi saat hari H, kamu sudah sehat dan segar kembali.

 

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

Mulailah cari informasi terkait pulau yang akan kamu datangi. Misalnya kamu ingin menginap di Pulau Seribu paling bagus, gali informasi mengenai kapal keberangkatan, akomodasi, hingga tempat makan di sana. Begitu pula informasi tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di pulau tersebut supaya kamu tetap aman serta mudah beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat lokal.

 

Selalu ingat jadwal berangkat

Jadwal kapal berangkat menuju ke sebuah pulau tidak sebanyak kereta atau pesawat. Kadang kapal hanya berangkat sekali dalam sehari di jam tertentu. Ada pula yang lebih dari 2x keberangkatan. Pastikan kamu mengetahui jam keberangkatan supaya tidak ketinggalan kapal dan gagal liburan.

 

Usahakan tidak menyeberang di malam hari

Malam hari bukanlah waktu yang tepat untuk menyeberang pulau. Walaupun terlihat tenang, kita tidak bisa memprediksi gelombang laut saat itu. Bisa saja berubah menjadi tinggi sehingga kapal bergoyang hebat. Di malam hari pun kamu tidak bisa melihat pemandangan laut dengan jelas karena terlalu gelap. Jadi sebisa mungkin, menyeberanglah di pagi atau siang hari saja agar lebih aman.

 

Gunakan selalu sunblock

Jadikan sunblock sebagai must have items kamu di dalam tas. Sunblock berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Jika kamu tidak menggunakan sunblock ketika bermain di bawah terik matahari, kulitmu bisa tersengat dan terbakar. Daripada kamu harus mengalami perih selama liburan, sebaiknya lindungi kulit wajah dan tubuh dengan sunblock. Sebisa mungkin, re-apply sunblock sekitar 2 jam sekali.

 

Pastikan barang elektronik full charged

Sebelum berangkat, pastikan semua barang elektronik yang kamu bawa baterainya sudah terisi penuh. Mulai dari handphone, kamera, tablet, hingga power bank. Jika kamu pergi ke pulau yang listriknya masih sulit seperti di Papua, jika memungkinkan bawalah baterai cadangan untuk kamera. Satu lagi, jangan banyak bermain handphone ketika perjalanan agar baterai tidak cepat habis.

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template