Saturday, September 4, 2021

 

      Beberapa tahun terakhir ini sepertinya produk skincare Korea sedang banyak diperbincangkan. Terlebih lagi produk masker wajah yang mulai membanjiri pasar kosmetik di berbagai online shop. Bagaimana tidak, para pecinta drama Korea seringkali disuguhi adegan para idolanya sedang menggunakan masker wajah. Maka tak heran banyak yang akhirnya penasaran untuk mencoba masker wajah.

Masker wajah

        Nah, daripada penasaran yuk kita bahas fungsi jenis-jenis masker wajah. Ini biar kamu nggak salah pilih masker wajah saat mau beli lho.


Sheet Mask

        Jenis masker ini sangat digemari orang-orang karena praktis serta mudah dibawa dan didapatkan. Masker ini berbentuk lembaran seperti tissue atau kapas yang terendam essence dalam kemasannya.


        Cara mengaplikasikan Sheet Mask ini mudah sekali, cuci muka dengan facial wash sebelumnya. Setelah itu tempelkan Sheet Mask sekitar 10-15 menit agar nutrisi meresap melalui pori-pori wajah.


        Masker jenis ini bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga cocok untuk kulit yang kering. Selain itu, Sheet Mask juga memiliki efek menenangkan wajah.


Clay Mask

        Masker ini juga dikenal dengan masker tanah liat yang cocok digunakan untuk wajah berminyak dan berjerawat. Clay mask ini membantu untuk menghilangkan komedo dan serta membantu mengencangkan kulit wajah.


        Cara menggunakan Clay Mask ini cukup mengoleskannya pada wajah setelah dibersihkan. Selain itu, penggunaan masker ini disarankan 1-2 kali dalam seminggu untuk wajah yang berminyak. Sedangkan untuk tipe kulit kering tidak lebih dari satu kali dalam seminggu agar kulit wajah tidak tambah kering.


Peel off Mask

        Jika kamu memiliki masalah whitehead ataupun blackhead, maka menggunakan peel off mask adalah pilihan yang tepat. Peel off mask memiliki tekstur gel atau cream yang akan mongering setelah dioleskan ke wajah. Setelah kering maka masker akan mengelupas dan komedo juga akan terangkat.


        Peel off mask tidak disarankan untuk kulit sensitif ya karena pengelupasan masker pada kulit bisa menyebabkan kulit perih dan iritasi. Namun, masker ini selain untuk mengangkat komedo yang membandel juga berfungsi untuk mengangkat minyak dan sel kulit mati.


Mud Mask

        Masker ini memiliki bahan dasar lumpur yang memiliki beragam mineral. Mineral tersebut bisa menutrisi kulit sekaligus mengangkat kotoran.


        Penggunaan Mud Mask ini hampir sama dengan Clay Mask yang bisa digunakan 2-3 kali dalam seminggu. Hanya saja, masker ini mengandung lebih banyak air sehingga dapat melembabkan kulit kering.


Exfoliating Mask

        Fungsi utama Exfoliating Mask ini yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Jenis masker ini sangat efektif dibandingkan dengan menggunakan scrub untuk wajah.


        Ada beberapa jenis Exfoliating Mask yang beredar di pasaran. Untuk wajah berminyak gunakan Exfoliating Mask yang memiliki kandungan Lactic Acid atau Glicolic Acid (atau yang sering disebut AHA-Alpha Hydrolic Acid). Sedangkan untuk kulit berjerawat dan berminyak pilihlah Exfoliating Mask yang berbahan dasar utama BHA.


        Penggunaan Exfoliating Mask ini cukup mudah, oleskan pada wajah kemudian bilas setelah 20-30 menit. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan pelembab dan sunscreen.


Sleeping Mask

        Sleeping Mask merupakan masker yang paling populer di negara Korea Selatan. Jenis masker ini digunakan saat malam hari sebelum tidur. Saat bangun di pagi hari barulah masker dibersihkan dengan cleanser.


        Sleeping Mask ini lebih efektif untuk melembabkan kulit wajah dibanding dengan krim wajah. Selain itu, Sleeping Mask juga biasanya memiliki bahan-bahan yang berguna untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencerahkan wajah.


        Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi kan untuk memilih masker wajah yang sesuai dengan tipe kulitmu. Saat ini di pasaran juga sudah banyak sekali rekomendasi masker Korea yang bisa kamu pilih. Jangan salah beli ya!


Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template