Saturday, January 4, 2020

        Julukan Legacy Batavia rasanya memang pantas melekat pada Hotel des Indes yang berada di area Menteng. Bagaimana tidak, hotel ini mengingatkan tentang sejarah Hotel des Indes, hotel dengan nama yang sama pada masa penjajahan Belanda yang menjadi saksi bisu penandatanganan Perjanjian Roem Royen tahun 1949.


        Nama boleh sama, tapi bangunan Hotel des Indes ini merupakan bangunan baru. Hanya saja memang arsitektur dan interiornya masih terinspirasi dari Hotel des Indes yang dulu pernah berjaya. Kini, aku pun berkesempatan untuk staycation di hotel ini. Serasa dibawa kembali ke masa lampau. Seperti apa ya hotelnya?

Lokasi
        Hotel des Indes berada di area strategis, tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat. Jaraknya yang begitu dekat dengan Taman Suropati membuat Hotel des Indes dilirik dan membuat banyak orang penasaran karena desain bangunannya yang cantik dan menarik pandangan mata.

        Oiya, selain lokasinya yang berada di pusat Kota Jakarta, hotelnya juga sangat dekat dengan area perbelanjaan Menteng Central Mall. Pun menuju hotel ini juga bisa dijangkau dengan menaiki kereta dari Stasiun MRT Bundaran HI maupun Stasiun MRT Dukuh Atas. Cukup mudah bukan? Duhh, sudah penasaran nih aku sama dalemnya seperti apa.

Lobby
        Saat memasuki area lobby, aku disambut hangat dari staff yang membukakan pintu. Demikian pula staff front office yang sigap membantuku untuk check in kamar. Sambil menunggu, aku terpukau dengan interior yang didominasi warna-warna kalem dan bikin adem.




        Setiap sudut lobby-nya banyak terdapat ornamen-ornamen unik khas kolonial. Interior dan tata letaknya sangat elegan dan terlihat luxury. Sudah pasti setiap tamu yang menginap akan dibuat penasaran dan terpana dengan Hotel des Indes. Aku sampai lupa untuk ke kamar, padahal proses check in tergolong cepat. Yukk liat-liat kamar yang aku inapi.

Kamar Hotel des Indes
      Menaiki lift aku pun langsung ke kamar yang berada di lantai tiga. Ku buka pintu dan berbunyi “klik”, lagi-lagi dibuat terpana dengan desain kamarnya yang tak kalah menarik dari lobby. Warna putih dipadu hijau tosca membuat kamar executive deluxe yang aku tempati sangat luxury. Ditambah karpet motif berwarna senada dengan tempat tidur, terasa sekali jika kamarnya sangat nyaman untuk beristirahat setelah perjalanan.   





Dengan luas 30 meter persegi, kamar executive deluxe ini terasa begitu lega. Dipadukan dengan almari dan meja kayu juga menjadikan tatanan kamar menjadi apik dan elegan. Apalagi dilengkapi meja kerja serta LCD TV 43 inch, sangat memadai fasilitasnya. Adanya AC, pemanas air, safe deposit box, telepon hingga sandal hotel menjadi semakin lengkap fasilitasnya. Koneksi internetnya pun tergolong lancar dan bisa mendukung aktivitas kerja di kamar. Mantap! Ahh iyaa, sampai lupa kalau di kamar juga ada welcome cake yang imut dan enak dipandang serta sayang dimakan. Hehehe . . .


Lalu bagaimana dengan kamar mandinya? Kesan mewah terlihat saat masuk ke kamar mandinya yang berdinding putih dengan paduan marmer. Pun dengan toiletries-nya yang menampilkan kesan premium baik pada kemasannya maupun kualitasnya. Dan aku suka banget, karena baru kali ini toiletries seperti sabun, shampoo, dan body lotion wangi banget dengan aroma aromatherapy yang menenangkan. Aktivitas bersih-bersih diri rasanya begitu menyenangkan dengan guyuran air hangat yang keluar dari standing shower. Lantas ada fasilitas apa lagi ya di Hotel des Indes?



Paloma Bistro
        Di iringi lantunan lagu, aku memasuki restoran milik Hotel des Indes yakni Paloma Bistro. Ambience restorannya asyik dan tenang, ditambah desainnya yang megah. Mau makan di dalam maupun outdoor bisa. Dengan dominasi warna krem, Paloma Bistro terlihat elegan dan cantik.




        Saar tiba makan siang aku mencoba menu Nasi Goreng Kambing dan Salmon Grill. Rasanya sungguh menggungah selera makanku saat itu.Tentu aku melahap habis menu-menu yang aku pesan itu karena rasanya yang menang enak.





Namun, untuk sarapan paginya agak kurang variatif menunya. Tetapi untuk rasa masakannya enak di lidah dan tentunya mengenyangkan. Hmmm . . . kenyang makan muter-muter hotel lagi yuk, siapa tau ada spot bagus.






Vamonos Coworking
Nah, selain ada fasilitas yang aku sebutin di atas tadi, di lantai lima Hotel des Indes juga ada Vamonos Coworking. Coworking space ini disewakan ya untuk para freelancer yang butuh ruang kerja dengan rate yang terjangkau banget. Suasananya tenang banget, enak buat cari inspirasi. Mengusung konsep industrial membuat Vamonos Coworking jadi spot Instagramable.



Ngomongin spot-spot Instagramable, aku rasa semua sudut Hotel des Indes cakep buat kalian yang hobby foto-foto. Recommended juga nih buat foto prewed dengan konsep elegan dan luxury. Spot Instagramable favorit aku ada di area taman yang berada di lantai satu, tepatnya depan kamar. Ukurannya yang tak terlalu besar tak menjadikan Hotel des Indes kehilangan ruang hijau. Salut!




Kesimpulannya, Hotel des Indes memang menawarkan kemewahan pada setiap tamu serta membawa kita pada nostalgia pada bangunan-bangunan masa lampau yang menawan. Dibanderol dengan rate mulai dari 700 ribuan rasanya cukup worth it untuk mendapatkan kenyamanan berbalut fasilitas yang luxury. Aku tunggu keseruan kalian staycation di Hotel des Indes ya!




Hotel des Indes Menteng
Jalan HOS Cokroaminoto No 84, Menteng, Jakarta Pusat 10310
T : +62 21 392 1818
E : marketing@hotelsedindes.com

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template