Thursday, February 11, 2021

 

        Beberapa tahun belakangan ini usaha laundry sedang naik daun. Pasalnya modal usaha laundry cukup terjangkau dan keuntungannya pun sangat menjanjikan. Selain itu, untuk menjalani usaha laundry ini tidak membutuhkan banyak skill. Makanya tak jarang akhir-akhir ini banyak orang yang melirik usaha laundry ini.

Perhitungan biaya laundry (pic from pixabay)

        Namun, ada banyak hal penting yang harus kamu ketahui sebelum memulai usaha laundry agar tak salah langkah. Sebab, usaha laundry juga memiliki kelemahan dan keunggulan. Salah satu kelemahannya, usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun mulai dari skala rumahan sehingga persaingannya cukup ketat. Sedangkan keunggulannya, laundry sangat dibutuhkan oleh banyak orang terutama bagi para pekerja dan mahasiswa. Nah, biar kamu makin mantap menjalankan usaha laundry simak tips berikut ya agar bisa cuan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Pilih Lokasi Strategis

        Pemilihan lokasi untuk memulai usaha laundry ini cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan usahamu. Pilihlah lokasi yang strategis, misalnya di area perumahan, kos-kosan karyawan, kos-kosan mahasiswa atau kampus yang memang banyak memerlukan jasa laundry.

        Untuk membuka usaha laundry kamu bisa memulainya dari rumah, misalnya dengan memanfaatkan garasi rumah yang jarang terpakai atau membangun toko kecil di depan rumah. Jika ingin menyewa toko atau kios pastikan lokasinya yang strategis dan tentunya ada tambahan modal untuk sewa tempat. Biaya sewa tempat ini bervariasi, tergantung lokasi dan ukurannya. Jika diarea perumahan atau kampus biaya sewa tempat bisa mencapai 5 juta hingga 6 juta rupiah.

Hitung dan Siapkan Modal

        Setelah menentukan lokasi yang strategis langkah selanjutnya yaitu menghitung modal secara rinci. Agar lebih jelas, coba kamu pahami rincian modal usaha laundry di bawah ini ya.

Modal Awal               

Mesin Cuci 1 unit       Rp. 3.000.000

Setrika                     Rp. 100.000

Timbangan                Rp 200.000

Tatakan setrika        Rp 200.000

Meja Kursi satu set  Rp 500.000

Rak besi                   Rp 500.000

Tiang jemuran          Rp 250.000

Hanger                     Rp 100.000

Total modal awal   RP 4.850.000

 

Biaya Operasional Bulanan

Deterjen & pewangi  Rp 500.000

Listrik                      Rp 500.000

Air                           Rp 300.000

Nota dan plastik      Rp 150.000

Bensin antar-jemputRp 150.000

Total biaya bulanan Rp 1.600.000

 

Biaya Sewa Operasional Tahunan

Sewa tempat             Rp 5.000.000/tahun

Total Modal              Rp 11.450.000       

        Perhitungan bisnis laundry ini bisa ditekan sesuai budget misalnya pemilihan merk mesin cuci atau memilih menggunakan tempat sendiri sehingga tak perlu sewa. Biaya operasionalnya pun perlu dipikirkan secara matang, misalnya untuk menekan pengeluaran deterjen kamu bisa pilih produk deterjen khusus mesin cuci yakni Rinso Matic Liquid Professional 5L yang ampuh membersihkan noda membandel. Bisa juga menggunakan Rinso Matic Powder Professional yang cocok untuk usaha laundry karena selain harganya yang hemat, deterjen ini juga diformulasikan untuk bisnis sehingga irit untuk mencuci berkali-kali.

Patok Harga yang Sesuai

        Sebelum memulai usaha laundry alangkah baiknya untuk melakukan riset harga pasaran di sekitarnya. Misal di area perumahan, kos-kosan karyawan, atau kos-kosan mahasiswa biasanya lebih cocok untuk jenis laundry kiloan yang dipatok dengan kisaran harga 4000 – 6000 rupiah per kilogram.

        Jika ingin menambahkan jasa cuci misal cuci sepatu, boneka, jas, ataupun lainnya biasanya ada harga tersendiri yang dipatok per satuannya. Harga yang dipatok tentunya harus disesuaikan dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

Utamakan Kualitas

        Berbicara mengenai kualitas tak hanya soal hasil laundry saja. Selain hasil cucian yang terjamin bersih, wangi, dan rapi sebaiknya pelayanan kepada pelanggan juga perlu diperhatikan. Kualitas kepada pelanggan juga bisa menarik agar tetap berlangganan caranya dengan tetap ramah serta selalu bersikap sopan dan akrab.

Siapkan Strategi Promosi

        Agar usaha laundry kamu dapat dikenal banyak orang langkah pertama tentunya memasang banner atau spanduk di depan tempat usaha. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan usaha laundry di media sosial maupun marketplace. Agar lebih menarik, tambahkan pula jasa antar jemput agar memudahkan pelanggan yang akan mencuci tanpa harus keluar rumah.

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template