Wednesday, June 9, 2021

 

        Lebih dari setahun ini pandemi mendera Indonesia dan hampir semua negara di dunia. Rupanya pandemi Covid-19 juga membawa perubahan di berbagai lini kehidupan, salah satunya di dunia perbankan. Adanya larangan jaga jarak dan anjuran untuk stay at home membuat orang enggan pergi ke bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan. Beruntung Mandiri Digital meluncurkan inovasi Mandiri Digital untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi hanya dalam genggaman tangan saja.


        Pada Maret 2021 lalu Bank Mandiri meluncurkan aplikasi smartphone yakni Livin by Mandiri demi kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi perbankan. Livin by Mandiri merupakan transformasi digital atau rebrand yang dilakukan Bank Mandiri yang sebelumnya bernama Mandiri Online yang sering disebut sebagai Mobile Banking Mandiri.


Sebelum menggunakan Aplikasi Livin by Mandiri aku harus download aplikasinya di Google Play Store atau App Store melalui handphone. Lalu, bagaimana cara mendaftar Livin by Mandiri dan apa saja sih kemudahan menggunakan aplikasi ini? Simak terus pengalamanku ini yaa . . .

 

Cara Mendaftar Livin by Mandiri

        Untuk menikmati fitur-fitur yang ada di Livin by Mandiri, sebelumnya wajib banget punya rekening Bank Mandiri. Nah cara membuka rekening Bank Mandiri itu gampang banget loh karena bisa dilakukan secara online. Caranya cukup daftar di https://join.bankmandiri.co.id/app/ - Pilih produk – Masukkan ID Nasabah – Unggah Dokumen - Konfirmasi

 

Step terakhir yaitu atur jadwal untuk video call, tapi aku pilih langsung video call dengan customer service saat itu juga. Saat video call aku udah siapin KTP untuk ditunjukkan ke customer service. Ternyata nggak memakan waktu yang lama, kurang lebih prosesnya sekitar 30 menit, langsung jadi deh rekeningnya. Nanti notifikasi mengenai pembukaan rekening akan dikirim melalui email. Bahkan ada pemberitahuan melalui customer service saat video call maupun via email bahwa kartu ATM-nya bisa diantar ke alamat rumah maupun kantor. Ternyata benar, kurang dari tujuh hari kerja ATM sudah sampai rumah. Keren ya!


        Karena sudah punya rekening Bank Mandiri, jadi aku bisa langsung daftar dan isi data diri di Livin by Mandiri. Untuk lebih jelasnya simak gambar yang sudah aku rangkum di bawah ini ya.

Langkah-langkah mendaftar Livin by Mandiri

        Mudah sekali kan, ya meskipun ada kendala saat mendaftar Livin by Mandiri tapi akhirnya bisa juga. Awalnya saat mendaftar aplikasinya sering log out sendiri dan ternyata penyebabnya karena koneksi internet yang kurang stabil. So, pastikan koneksi internetnya stabil ya agar proses pendaftaran Livin by Mandiri berhasil dan bisa log in di halaman awal pada aplikasi.

 

Nikmati Banyak Promo

        Mendengar kata promo bagi wanita itu sesuatu yang begitu menyenangkan. Sama halnya dengan Livin by Mandiri, setelah kurang lebih dua minggu mendaftar dan menggunakan fitur di Livin by Mandiri ternyata aku dapat pesan yang dikirimkan ke WhatsApp. Gimana nggak bahagia karena pesan itu ternyata promo pendaftaran Livin by Mandiri yang berupa voucher belanja di Klik Indomaret sebesar 50 ribu. Lumayan banget kan buat belanja!

 


        Masih suka berburu promo? Tenang aja, aku kadang suka dapat cashback kalau bayar pakai QRIS yang ada di Livin by Mandiri. Tempatnya ada pojok kanan bawah aplikasi, tinggal scan aja waktu bayar di merchant. Nah, untuk info promonya bisa di lihat di menu “Feed” ya.

 

Kemudahan Transfer Uang Antar Bank

Di masa pandemi ini rasanya fitur yang paling dibutuhkan dari Livin by Mandiri tentu saja transfer uang. Fitur ini sangat memudahkan sekali bagiku karena bisa transfer uang ke orang tua tanpa harus keluar rumah. Selain itu, di fitur transfer uang ini aku bisa menyimpan nomer rekening yang biasa aku kirimi uang. Tujuannya biar lebih gampang kalau mau transfer, tinggal ketik namanya saja dan langsung kirim deh.


Soal biaya layanan transfer ini nggak perlu khawatir sih karena sesama Bank Mandiri gratis. Sedangkan kirim uang ke lain bank yang biasa aku lakukan ke orang tua hanya dikenakan biaya admin 6500 rupiah. Masih cukup worth it daripada keluar rumah butuh biaya bensin untuk pergi, hehehe . . .

 

Fitur Pembayaran dan Pembelian yang Lengkap

Tak hanya dimudahkan dengan fasilitas transfer, di aplikasi Livin by Mandiri juga bisa melakukan pembayaran dan pembelian yang sama mudahnya. Pembayaran tersebut bisa berupa tagihan listrik, tagihan internet, pembelian token, pulsa, paket data, biaya pendidikan, tv kabel, penerimaan negara, angsuran, PDAM, asuransi, tiket, PPH/PPN hingga kartu kredit. Super lengkap kan!

 

Fitur pembayaran yang lengkap

Aku sering banget nih pakai Livin by Mandiri untuk keperluan beli token karena sudah jadi kebutuhan pokok yang setiap bulan atau beberapa kali dalam sebulan pasti beli token listrik untuk rumah. Selain token listrik, Livin by Mandiri juga bermanfaat banget kalau lagi kehabisan pulsa saat sedang dalam perjalanan traveling. Cara aksesnya yang mudah dan nggak perlu repot keluar rumah atau saat lagi urgent bisa diandalkan banget. Untuk urusan rumah, aku juga selalu bayar langganan wifi rumah dengan Livin by Mandiri juga loh.

Bisa beli token listrik di Livin by Mandiri

Nggak hanya untuk pembelian yang aku sebutkan di atas, ibu-ibu pasti suka banget kan belanja online di beberapa marketplace. Aku pun sering banget kalap belanja online, apalagi berburu flash sale di marketplace dan wajib banget pakai Livin by Mandiri. Saat pembayaran di marketplace cukup pilih menggunakan Mandiri Virtual Account lalu bayar deh pakai Livin by Mandiri. Cara bayarnya tinggal masuk ke menu Bayar – Multipayment – Pilih penyedia jasa (Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan sebagainya). Semudah itu menggunakan Livin by Mandiri, nggak repot ke mall untuk belanja.

 

Top Up E-Money Semakin Mudah

        Di era yang serba digital seperti saat ini pasti tak lepas dari  dompet digital seperti DANA, Link Aja, OVO, Gopay, Shopeepay dan sebagainya untuk berbagai keperluan. Sama halnya aku yang sering menggunakan dompet digital Gopay untuk naik taksi online maupun pesan makanan. Nggak perlu bingung lagi top up dompet digital di mana karena aku pake Livin by Mandiri buat top up. Isi ulangnya mudah dan cepat serta tanpa dikenakan biaya tambahan lho.


        Cara top up nya cukup pilih layanan Bayar – Multipayment – Pilih Gopay/DANA/Link Aja/Shopeepay. Kemudian, pilih nominal saldo yang akan diisi ulang ke dalam dompet digital.

 

Buka Rekening Tabungan Rencana dan Deposito Hanya Dalam Genggaman Tangan

        Sama halnya dengan kemudahan membuka rekening maupun fitur-fitur lain di dalamnya, pun di aplikasi Livin by Mandiri juga bisa membuka tabungan rencana dan deposito. Tabungan rencana ini sangat membantu pengelolaan keuangan agar lebih terencana dan bisa mewujudkan rencana. Sedangkan deposito dapat memberi keuntungan karena memiliki suku bunga yang kompetitif dan terpercaya.


Sejauh ini aku memang belum mencoba untuk membuka tabungan rencana maupun deposito melalui Livin by Mandiri. Tapi setelah aku perhatikan di aplikasi Livin by Mandiri caranya cukup mudah dan mungkin bisa aku coba lain waktu untuk membuka tabungan rencana.


        Untuk membuka tabungan rencana ini cukup mengisi data mengenai tujuan pembukaan rekening serta jangka waktu menabung dan nominal per bulan yang akan di auto debet. Begitu pula dengan deposito yang hanya perlu memilih jangka waktu dan jumlah uang yang akan dideposito. Cukup mudah, aman, dan terpercaya menurutku.


        Secara keseluruhan aplikasi ini nyaman sekali digunakan untuk aku yang lebih memilih praktis apalagi sebagai traveler yang sering di perjalanan. Sesuai dengan tagline-nya Livin a lively life With Livin' by Mandiri, aplikasi ini benar-benar memudahkan hidupku. Tampilannya simple dan layanannya lengkap untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, apalagi memiliki fitur pengaman yang berlapis sehingga aman saat digunakan. Aku aja sudah pakai Livin by Mandiri, jadi kamu udah nggak ragu lagi kan?

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template