Tuesday, November 19, 2019


        Menghitung hari menuju weekend pasti bikin sebagian banyak orang tak sabar, selalu saja di tunggu. Apalagi jika punya rencana untuk liburan keluar kota. Tapi gimana nih yang belum punya rencana untuk kemana-mana? Mau mencoba staycation di hotel yang nggak biasa nggak nih? Karena aku punya rekomendasi hotel bintang lima di Kota Solo yang beda dari yang lain. Penasaran nggak nih?


Lokasi
        Berada tak jauh dari Pasar Kliwon Solo membuat The Royal Surakarta Heritage ini mudah dijangkau karena berada di lokasi yang ideal. Mau ada urusan bisnis atau rekreasi hotel ini bisa jadi pilihan yang sempurna. Sekitar lima menit dari hotel terdapat Solo Paragon Mall, begitu pula Terminal Tirtonadi, Stasiun Purwosari, dan juga Bandara Adi Sumarmo yang juga dekat sekitar 10 menit berkendara.

        Untuk mencapainya juga tak begitu susah karena berada di jalan utama yang bisa diakses dengan transportasi online. Hotel yang berada di Jalan Slamet Riyadi juga sudah pasti jadi lokasi popular bagi traveler karena dekat dengan beberapa objek wisata seperti Pasar Antik Tri Windu, Pasar Klewer, serta Keraton Mangkunegaran. Mengajak keluarga untuk liburan dan menginap di The Royal Surakarta Heritage dijamin tak akan membosankan.

Lobby
        Seblum masuk ke hotel saya disuguhkan dengan area drop off yang tampak mewah. Begitu masukpun pasti akan dimanjakan dengan lobby area yang sangat mewah dengan desain yang kental dengan unsur Jawa dipadu dengan modern style. Bangunannya yang menjulang tinggi dan modern, lalu interiornya yang “Jawa banget” serta ramahnya staff hotel membuat kesan pertama dengan hotel ini negitu memukau.


        Seperti yang aku bilang kalau interior di lobby-nya yang “nJawani” dan unik seperti terlihat pada kursi dan ornamen lainnya. Bahkan front office-nya pun mengenakan pakaian kebaya lho. Proud of you deh buat The Royal Surakarta Heritage yang sudah turut melestarikan budaya Jawa.

Kamar
        Setelah mengintip betapa megah lobby hotelnya, sekarang aku mau tunjukkin nih kamar yang aku inapi dengan type kamar Superior double. First impression-nya bener-bener terpukau karena interiornya kental banget Jawa-nya. Ada beberapa ornamen Jawa seperti bed-nya berupa kayu dengan motif batik, gordennya yang bergambar wayang, pajangan wayang di kamar tidur dan kamar mandi, serta batik yang menjadi pajangan di dinding. Buat aku yang suka ornamen Jawa sudah pasti suka banget staycation di sini.




        Selain ornamennya yang menarik, fasilitas kamarnya pun tak perlu diragukan, komplit pokoknya mulai dari LCD TV, AC, Wi-fi, tea & coffee maker, almari, jubah mandi, serta safe deposit box. Dan ternyata di kamar juga ada fruit slice-nya lho. Nggak cuma itu aja, meski ini merupakan kamar type terendah di The Royal Surakarta Heritage tapi ada bathup-nya lho. Mayan kan bisa mandi-mandi manjah gitu. Di kamar mandinya pun sudah lengkap koq toileter-nya, ada sikat gigi plus pasta gigi, sabun, shampoo, body lotion, sewing kit, shaving kit, dll.




        Tapi dengan fasilitas kamar seperti ini kalian nyangka nggak sih kalau harganya murah banget untuk sekelas hotel bintang lima di Solo ini. Untuk type terendah yakni superior saja hanya dibanderol rate kisaran 600ribu. Ajibbb kan!

Srikandi Restaurant
        Kemewahan hotel The Royal Surakarta Heritage tak berhenti di lobby maupun kamarnya saja. Ternyata restoran-nya yang bersebelahan dengan lobby juga memiliki kesan mewah. Srikandi Restaurant ini didominasi dengan interior serba kayu pada meja kursi serta dinding maupun bar-nya. Ada pula lampu-lampu jadul yang banyak terpasang di area restoran serta beberapa aksen unik yang bernuansa Jawa seperti wayang dan benda-benda peninggalan jaman dulu. Unik dan apik dipandang ya.



        Selain desainnya yang ciamik, makanan di Srikandi Restaurant pun tak kalah enaknya. Aku berkesempatan untuk berpetualang rasa dengan mencicipi berbagai menu mulai dari lunch, dinner, dan breakfast. Menu lunch yang aku cicipi ada Nasi Liwet, Sop Buntut Bakar, Royal Marmer dan Royal Pink. Gimana kesannya? Enakkk banget, entah aku merasa hotel-hotel dibawah naungan Accor Hotels memang memiliki sajian makanan yang rasanya luar biasa.




        Menu makan malamnya pun juga tak kalah enaknya dengan menu makan siang. Aku pun mencicipi beberapa makanan yang khas Solo yaitu Tengkleng. Selain itu ada Chicken Grill, Wedang uwuh dan Bengawan Solo. Tak perlu diragukan rasanya, sudah pasti endeusss!







        Saat sarapan pagi pun menu yang ditawarkan banyak sekali mulai dari menu Indonesia dan Jawa. Bingung? Tenang, tips-nya ambil dan cicipi satu per satu. Jangan seperti aku yang selalu kalap untuk ambil banyak menu, tapi tetap habis disantap koq karena rasanya memang menggugah selera makan.

















Fasilitas dan Aktivitas
        Selain beberapa area yang memiliki desain modern dipadu interior Jawa yang menarik, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang semi outdoor. Kolam renang indoor yang agak terbuka ini terhalang oleh tembok jadi tidak memiliki pemandangan. Di kolam renang pun terdapat pool bar, bisa memesan makanan dan minuman di sini.


        Masih ada pula fasilitas lain yang berada satu lantai dengan kolam renang yakni fitness centre dan spa. Dan masih di satu lantai pula juga terdapat internet corner yang bisa digunakan untuk mengakses internet maupun menggunakan komputer. Internet corner ini tempatnya pun cozy banget karena banyak kursi dengan desain yang menarik dan berfungsi untuk bersantai.




        Untuk agenda kerja, di lantai yang sama dengan fasilitas yang aku sebutin di atas juga terdapat meeting room yang bisa disewakan. Lengkap banget kan fasilitas hotel The Royal Surakarta Heritage. So, masih ragu buat staycation di sini? Semoga udah nggak yaa. Happy staycation!



The Royal Surakarta Heritage MGallery by Sofitel
Jalan Slamet Riyadi No 6, Surakarta, Jawa Tengah
Tel : +62 271 666 111
Fax : +62 271 666 530
reservation@theroyalsurakartaheritagesolo.com

Dear Widha . . . . 2019 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template