Tuesday, October 1, 2019


        Menjelang weekend sudah ada rencana belum nih mau liburan kemana? Beberapa waktu lalu aku ngabisin weekend dengan staycation di salah satu hotel senior di Kota Jogja lho. Kenapa di sebut sebagai hotel senior? Karena usia hotelnya sudah 48 tahun. Namun, interior dan fasilitasnya masih sangat terjaga. Dan yang lebih menyenangkan suasananya Bali banget dipadu dengan interior Jawa. Penasaran kan reviewnya seperti apa?

Lokasi
        Berada di tengah Kota Jogja yang berdekatan dengan beberapa kampus ternama membuat hotel ini sangat strategis. Pasti tak menyangka ada hotel dengan konsep semi resort di tengah kota. Meski bukan di jalan utama, tetap saja area ini sangat padat dan ramai. Kalian bisa ke hotel dengan menggunakan transportasi online.

Pintu masuk Puri Artha Hotel Yogyakarta
       Di sekitar hotel pun banyak sekali jajaran factory outlet, jangan kalap belanja ya. Hehehe . . . Ada pula tempat makan dan minimarket yang juga dekat dengan hotel. Ahhh lokasinya emang enak banget ya.

Lobby
        Puri Artha Hotel ini memiliki dua building, sebelah utara dan selatan dengan dipisahkan oleh jalan. Lobby-nya ada di bangunan sebelah selatan, nanti pasti akan diarahkan koq sama satpam. Sebelum masuk area lobby pasti interiornya Bali semua, tapi begitu masuk interiornya Jawa banget. Bahkan nih di area lobby ada gamelan yang dimainkan saat sore dari pukul 18.00 – 20.00.
Front office
Lobby area
Gamelan setiap pukul 18.00
       Ketika masuk, sambutan dari staff hotel sangat ramah. Proses check in pun cepat dan staff sangat tanggap dengan menawarkan welcome drink. Uniknya, saat diberikan kunci kamar ternyata kuncinya masih seperti jaman dulu lho atau bukan kunci model kartu.

Kamar
        Kamar yang aku inapi merupakan kamar type deluxe suite yang berada di bangunan sebelah selatan. Tampak depan kamarnya dihiasi interior Bali dan Jawa juga lho, ahhh senang banget liatin beginian. Dan yang lebih menyenangkan, semua kamarnya punya balkon dan menghadap taman. Asyik kan? Bener-bener nyaman karena hotelnya memang didesain semi resort gitu. Pokoknya cocok buat keluarga, apalagi kalo hanimuuunnn. Uwuwuwuwuwww . . .

Kamar type deluxe suite
Kasurnya cantik banget yaa
Balkon kamar di lantai 2
Balkon kamar lantai 1 yang menghadap taman
Taman di sekitar kamar
Taman di sekitar kamar
Taman di depan kamar
       Kamar type deluxe suite ini tergolong luas banget, kasurnya cantik banget dengan nuansa putih dihiasi bunga kamboja. Fasilitas kamarnya ada mini bar, AC, TV, coffee and tea maker, slippers, almari dan safe deposit box. Begitu pula dengan kamar mandinya yang sudah pakai bathtub, padahal sudah 48 tahun ya. Keren deh! Oiya, untuk wastafel ada diluar kamar mandi yang berdekatan dengan bedroom dan disekat dengan dinding. Dari wastafel, bathtub hingga tempat amenities semuanya terdapat aksen khas Bali yakni dihiasi dengan bunga kamboja.

Amenities
Wastafel
Kamar mandi dengan bathtub
        Kamar deluxe suite yang aku inapi ini ratenya sekitar satu jutaan tapi tenang aja ada type kamar lain yang harganya affordable. Type kamar lainnya ada superior, deluxe, puri suite, dan junior suite, ratenya mulai dari 800 ribuan.  Kamar-kamarnya ada di bangunan sebelah utara dan sebelah selatan.

Kamar type superior
Kamar type puri suite

Chandra Restaurant
        Kalau staycation di Puri Artha Hotel Yogyakarta kalian wajib banget nyobain makan di Chandra Restaurant. Kenapa? Karena ambience restorannya adem banget, kalian bisa pilih makan sambil menikmati suasana taman atau menikmati gamelan. Interior restorannya pun banyak ukir-ukirannya dengan perpaduan Jawa Bali yang sangat kental sehingga memiliki kesan romantis.

Chandra Restaurant
       Saat malam hari mulai pukul 18.00 terdengar alunan gamelan dari lobby yang memang berdekatan dengan restoran. Kalian bisa menikmati makan malam ditemani suara gamelan serta cahaya lampu yang temaram. Menu favorit saat makan malam tentu Iga Bakar yang juicy dan enak banget. Untuk lokasi favorit saat makan malam, aku memilih di dekat bar.

Dinner
Iga Bakar
        Makan siang pun masih di Chandra Restaurant dengan menu ala carte yang bervariasi. Nih menu yang aku cobain dan rasanya enak nggak kaleng-kaleng. Ada Ayam Kecap, Ikan Saus Kare, Capcay dan satunya lagi aku lupa namanya tapi itu daging gitu.

Ikan saus kare
Nah ini lupa namanya, yang pasti daging sapi yang ditumis
Capcay
Ayam kecap
       Oiya, sarapannya bisa dinikmati dari jam 06.00 – 10.00, so jangan telat bangun ya. Menu-menu yang ditawarkan juga variatif banget dan enak tentunya. Hal yang paling aku suka sih sarapan sambil menikmati udara segar di restoran yang menghadap taman. Nggak nyangka deh kalo ini hotel berkelas bintang tiga, soalnya ambience-nya emang seperti resort.






Taman di depan restoran

Pasiraman Swimming Pool
        Selain punya kamar dan restoran yang “nyeni” karena interiornya bernuansa Jawa Bali, kolam renangnya pun juga demikian. Santai-santai dipinggiran Pasiraman Swimming Pool ini berasa lagi di resort-resort Bali, adem dan menyejukkan.

Pasiraman Swimming Pool


        Dihiasi dengan taman, beberapa pepohonan serta lay bed membuat suasanya menjadi menyenangkan. Nggak heran deh kalau banyak turis mancanegara yang staycation di Puri Artha Hotel. Alasannya yak arena hotelnya memang sangat menyenangkan dan menenangkan meski di tengah kota. Aku rasa emang hotel ini sangat cocok untuk berlibur bareng keluarga, apalagi yang membawa anak-anak.


Meeting Room
        Selain fasilitas yang aku sebutin di atas, Puri Artha Hotel Yogyakarta juga memiliki meeting room untuk agenda kerja. Beberapa ruang meeting yang disewakan memiliki nama-nama unik, diambil dari nama pantai yang ada di Yogyakarta.

Trisik room (kapasitas 10 pax)
Sundak room (kapasitas 50 pax)
Lintang room (kapasitas 150 pax)
       Bahkan jika ingin relaksasi, kalian bisa order fasilitas spa yang ada di Puri Artha Hotel. Lengkap banget ya. Uniknya interior, suasana yang menyenangkan dan menenangkan, serta keramahan staff membuat aku betah banget staycation di Puri Artha Hotel Yogyakarta. Dan pastinya aku bakal rekomendasiin ke kalian, karena tempat ini cocok banget buat melarikan diri dari rutinitas yang padat, tentunya dekat dan masih di area Kota Yogyakarta. So, nggak usah jauh-jauh deh ke Bali kalo di Puri Artha Hotel Yogyakarta aku udah ngerasain suasana yang “Bali Banget”. Yakin nih kalian nggak pengen juga?



Puri Artha Hotel Yogyakarta
Jalan Cendrawasih No 36, Demangan Baru, Yogyakarta 55281
Telp. +62 274 563288
Fax. +62 274 562765
info@puriarthahotel.com

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates