Saturday, March 1, 2014


           Kota Pacitan yang memiliki julukan Kota 1001 Goa memang ternyata benar adanya. Sepanjang perjalanan ketika mengunjungi kota ini saya melihat banyak sekali goa yang mungkin jumlahnya tak terhitung dengan jari. Tetapi, yang sudah dikelola dan dapat dikunjungi hanya beberapa saja. Sebut saja salah satunya adalah Goa Gong.
            Ini objek wisata pertama yang saya kunjungi ketika menyambangi kota Pacitan. Waktu saya untuk berkeliling tak cukup banyak sehingga saya hanya mengunjungi goa ini. Tetapi, menurut masyarakat disini memang Goa Gong ini yang paling poluler jika dilihat dari segi keunikan goa dan keindahan di dalam goa itu sendiri.
            Jalan menuju objek wisata Goa Gong sudah cukup baik, hanya saja ada pelebaran jalan kala itu. Moda transportasi apapun bisa menjangkau objek wisata ini. Cukup merogok kocek 5000 rupiah saya sudah bisa menikmati eksotisnya Goa Gong.

Gerbang menuju goa


Goa gong ini cukup panjang, bahkan ada yang belum tereksplore. Ketika memasuki goa ini pengunjung harus mengikuti pegangan tangan yang terbuat dari stainless stell. Jika masuk ke jalan yang belum diberi pegangan tangan salah-salah tidak bisa kembali lagi. Mengapa? Karena goa tersebut masih begitu banyak cabang atau lubang yang belum terjamah, sehingga memungkinkan pengunjung untuk tersesat di dalam goa. Suasana di dalam goa sangat panas karena kadar oksigen yang kurang. Tetapi, pengunjung jangan khawatir karena di dalam goa terdapat kipas angin serta penerangan agar goa tidak gelap gulita.
    
                                                       







            Keunikan yang terdapat di goa ini adalah pengunjung pasti akan mendengar bunyi “Gong” di dalamnya. Entah dari mana bunyi itu berasal. Itulah sebabnya mengapa goa ini dinamakan Goa Gong. Unik bukan?

                                                           
Tidak berhenti sampai disitu, ada satu dinding goa yang bertebaran batu kristal. Oleh karena itu, di bagian dinding tersebut disebut goa batu kristal. Ini penampakannya . . .






Setelah kurang lebih satu jam mengelilingi goa, akhirnya saya dan teman keluar juga. Diluar goa ada beberapa pedagang yang menawarkan oleh-oleh dengan atribut goa gong. Jika masih penasaran dengan goa ini silahkan berkunjung kesana ketika weekend. Wisata murah meriah tapi juga bermanfaat.


Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates