Wednesday, April 24, 2019


        Kebanyakan orang berlibur ke Semarang untuk mengunjungi Lawang Sewu, Sam Pho Kong ataupun kawasan Kota Lama yang sudah tersohor di telinga banyak orang. Atau bisa juga menikmati wisata alam di kawasan Bandungan, Ungaran dengan hawanya yang sejuk. Sesekali cobalah untuk merasakan staycation experience di akomodasi unik yang memiliki perpaduan tiga budaya dengan pemandangan alam yang indah yakni di Balemong Resort.

        Akomodasi bintang empat berkonsep resort ini memiliki luas sekitar lima hektar dengan kamar-kamarnya yang berbentuk Joglo. Saat memasuki lobby saya disambut suara gending gamelan Jawa kuno yang menyejukkan serta sapaam hangat dari staff resort. Area lobby-nya sarat dengan arsitektur Jawa dengan dominasi dinding kayu ukir. Apalagi ornamen serta barang-barang unik yang menandakan peninggalan budaya Belanda dan Tiongkok banyak yang terpajang di berbagai sudut ruangan.

Lobby Balemong Resort
Lobby dengan dinding ukiran khas Jawa

Interior lobby yang begitu unik

       
Saya sampai lupa kalau lokasi Balemong Resort ini sekitar satu jam dari Kota Semarang. Resort ini bisa dicapai dengan menggunakan taksi online maupun bus Trans Semarang. Lokasinya di Jalan Patimura No 1B, Ungaran, tak sulit untuk menemukannya karena letaknya di tepi jalan utama. Usai check in saya pun langsung menuju standard room yang merupakan type kamar terendah. Suasananya begitu menenangkan dan sejuk karena tak jauh dari Gunung Ungaran.
        Kamar standar yang saya pesan luasnya 26 m² dengan furniture-nya yang Jawa banget karena masih menggunakan lemari jati satu pintu model dulu. Namun tak berarti fasilitasnya minim lho karena kamarnya juga dilengkapi dengan AC, LED TV, Wifi, coffee and tea maker, serta teras dengan pemandangan taman. Kamar mandinya pun sangat unik karena menggunakan bak mandi yang terbuat dari batu. Disertai pula dengan amenities yang lengkap.

Kamar dengan tempat tidur dari kayu jati
Coffee and tea maker serta slipper
Teras depan kamar dengan kursi jati jaman duulu dan pemandangan taman 

       
Banyak hal menarik yang bisa diexplore saat menginap di Balemong resort, salah satunya restorannya yang bernuansa Jawa dan berbentuk Joglo yaitu Kembul Bujana Resto. Menu yang disajikannya kebanyakan tradisional food sesuai dengan konsep resort. Suasana makan pun begitu menyenangkan dengan iringan alunan gamelan Jawa. Saking menikmatinya saya merasa sedang berada di jaman dulu. Hahaha . . .

Restorannya bernuansa Jawa dengan bangunan Joglo

Pilihan menu sarapan

       
Bagi pecinta budaya ngomongin Balemong Resort emang nggak ada bosen-bosennya. Kentalnya perpaduan tiga budaya yang diusung membuat resort ini memiliki banyak spot yang instagramable. Hal itu karena banyaknya ornamen maupun barang-barang unik yang terpajang di beberapa tempat. Seru banget sih ini buat para pecinta foto ataupun sekedar selfie bareng temen-temen.

Taman di area resort

Nongkrong di depan Joglo

Kamar-kamarnya yang berbentuk Joglo emang asyik buat spot foto

Salah satu spot foto yang ter-unik

       
Ngomongin kamar sudah, restoran sudah, spot foto instagramable juga sudah, rasanya tak lengkap ya kalau belum ngulik fasilitas kolam renang buat yang suka olahraga renang. Di bagian paling belakang dari resort ini terdapat Joglo Tirto Swimming Pool yang view-nya ajib banget karena menghadap Gunung Ungaran. Keren nggak tuh? Selain renang kalian juga bisa sewa sepeda buat keliling resort yang luas banget.

Kolam renang yang menghadap Gunung Ungaran

Santai di tepi kolam renang

        Gimana sudah pengen nyobain staycation di Balemong Resort belum nih? Ratenya murah koq, mulai 400-ribuan per malam. Nah karena dapat referensi resort murah dari saya, semoga kalian nggak bingung lagi mau ngabisin weekend kemana ya guys.


Balemong Resort

Jl Patimura No 1B Ungaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50511

Telp. +62 24 6925511



Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates