Thursday, November 22, 2018


      
Icon Pulau Weh di Kota Sabang
        Sabang, titik paling barat Indonesia ini tak hanya memiliki keindahan bawah laut serta pantai yang cantik saja. Sabang juga memiliki aneka kuliner legendaris yang wajib diburu. Sebagai traveler rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khas lokal jika sedang berkunjung ke Sabang. Dengan begitu kita turut serta merawat ragam kuliner Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh. Banyak kuliner legendaris yang membuat saya nggak sanggup menahan diri untuk tidak mencobanya. Kuliner unik ini saya temukan ketika sedang mengunjungi beberapa tempat wisata di Sabang. Simak yaa . . .

Rujak Khas Sabang
Rujak merupakan kuliner asli Indonesia yang terdiri dari irisan buah-buahan seperti mangga, nanas, kedondong, mentimun, bengkoang, pepaya muda, dan lain lain. Lalu dibalur dengan bumbu gula merah dan kacang goreng yang diuleg.

Namun, rujak yang dijajakan di Sabang sangat berbeda dengan rujak lainnya. Yang membedakannya adalah adanya buah rumbia yang rasanya sedikit asam dan segar sehingga membuat rasa rujak menjadi berbeda. Kesamaannya yakni sama-sama menggunakan bumbu kacang yang diuleg. Rujak Sabang ini berbeda penyajiannya karena diatasnya ditaburi kacang goreng. Gimana maknyusss sekali ya?
 
Rujak khas Sabang
Oiya, saya berburu rujak ini saat mengunjungi Pantai Anoi Itam. Harganya pun sangat ramah di kantong para traveler yakni hanya 6000 rupiah. Murah banget kan? Jangan lupa cobain kalau liburan ke sana ya . . . Seru kan kalau bisa memandangi Pantai Anoi Itam sambil menikmati rujak Sabang.

Sate Gurita
Sate Gurita jadi panganan yang menjadi ciri khas Kota Sabang. Menurut saya, diantara berbagai jenis seafood, Sate Gurita yang paling unik dan wajib banget diburu ketika sedang traveling ke Pulau Rubiah.
 
Sate Gurita
Sate Gurita ini dagingnya kenyal dan gurih, dibaluri bumbu kacang yang sederhana dan bawang goreng serta dilengkapi dengan kerupuk dan irisan mentimun. Seporsi Sate Gurita dan nasi menjadi santapan nikmat dan cocok sebagai pengisi perut yang lapar usai lelah snorkeling di Pulau Rubiah. Soal harganya dijamin murah karena seporsi Sate Gurita dan nasi dibanderol kurang lebih 25 ribu rupiah.

Mie Sedap
Jika di Banda Aceh ada Mie Aceh, di Sabang ada Mie Sedap yang juga wajib diicip-icip. Eitss, tapi ini bukan mie instan lho ya. Mie Sedap ini merupakan nama warung yang menjajakannya, tepatnya di Jalan Perdagangan No 48, Sabang.
 
Kedai Mie Sedap
Sekilas tampilan Mie Sedap ini mirip sekali dengan mie ayam, hanya saja rasanya yang berbeda karena Mie Sedap menggunakan bumbu rempah yang agak kuat. Saya pun memesan seporsi Mie Sedap goreng di warung tersebut dengan sedikit kuah dan ditaburi potongan daging ayam dan daun bawang, Mie Sedap cocok sekali disantap ketika malam hari. Harganya pun tergolong murah, berkisar 10-20 ribu rupiah jika tak salah ingat.
 
Mie Sedap goreng
Gimana sudah tertarik ingin mencoba ragam kuliner khas Sabang? Yuk rencanakan libur akhir tahun maupun libur tahun baru untuk menikmati wisata Indonesia di Kota Sabang.

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates