Friday, August 2, 2019


        Biasanya aku hanya sekedar melintas Kota Cirebon saja saat naik kereta menuju ibu kota. Tapi kali ini aku sengaja menyambangi Kota Udang ini untuk sekedar melepas penat dengan mengunjungi beberapa tempat wisata. Dan pastinya yang dibingungkan ketika traveling itu hotelnya. Enaknya bobok di mana ya? Setelah menimbang-nimbang akhirnya aku putuskan untuk staycation di Swiss Belhotel Cirebon. Banyak alasan kenapa aku stay di hotel ini, apa aja sih?

Lokasi
        Alasan pertama memilih untuk stay semalam di sini tentunya lokasinya berada di pusat kota. Swiss Belhotel Cirebon ini menyatu dengan CSB Mall, salah satu mall besar di Cirebon. Bahkan hotelnya pun punya pintu yang terkoneksi langsung ke mall. Keren ya? Nyari makan atau mau nonton bioskop ga perlu jauh-jauh, semuanya ada dalam satu tempat. Lokasi hotel juga dekat dengan Stasiun Cirebon Prujakan, mungkin sekitar 5 menit.

        Dari hotel ini tempat wisata pun mudah dijangkau. Mau ke Keraton Kasepuhan atau tempat wisata yang lagi hitz yaitu Goa Sunyaragi juga dekat. Mau berburu kuliner Nasi Jamblang dan Batik Trusmi juga terjangkau jaraknya. Untuk menuju ke Swiss Belhotel Cirebon dan beberapa tempat wisata lain tentunya bisa mengandalkan trasportasi online yang memang mudah didapatkan. Wah, bener-bener strategis dan memberikan kemudahan dalam segala hal ya. Jadi nggak sabar menikmati staycation di Swiss Belhotel Cirebon.

Lobby
        Untuk yang datang dengan kendaraan pribadi menurutku lobby hotelnya kurang terlihat, terutama sign dari pintu masuk dan lobby mall. Tulisan “Swiss Belhotel” yang berada tepat di belokan agaknya kurang terlihat sama aku yang baru pertama kali ke area itu. Tapi untungnya aku paham jendela kaca dengan symbol Swiss Belhotel.

Front Office area
Lobby

Usai memarkir kendaraan aku nggak sabar buat cepetan check in. ternyata proses check in cukup cepat lho, belum sampai duduk di ruang tunggu malah sudah kelar. Proud of Swiss Belhotel Cirebon! Apalagi baru awal masuk hingga check in aku bener-bener sudah merasakan keramahan dari staff hotel. By the way, lobby-nya ini cukup luas lho dengan interior berwarna merah dan krem serta desain yang cukup simple. Terasa banget kenyamanannya dari awal masuk, jadi penasaran sama kamarnya seperti apa.

Kamar                    
        Finally, aku dapat kamar di lantai 6 dengan pemandangan Kota Cirebon dengan type kamar Deluxe Room. Fyi nih kalau Swiss Belhotel Cirebon memiliki 182 kamar lho dengan type Superior, Deluxe, Business Suite, Executive Suite, Honeymoon Suite, dan Presidential Suite. Dari koridor yang didominasi warna orange aja sudah bikin penasaran sama kamarnya. Ternyata benar, kamarnya cukup luas lho. Tau apa yang aku suka dari kamar hotel yang selalu ditunggu-tunggu? Pastinya jendela kamar yang super lebar biar aku bisa leluasa menikmati pemandangan, kaya di kamar Swiss Belhotel Cirebon ini.

Koridor menuju kamar
Kamar type Deluxe
        Perpaduan warna silver pada panel dinding, meja kerja yang menandakan bahwa ini “hotel bisnis” banget, serta warna pastel yang mendominasi kamar dengan penataan yang nggak asal. Seriously ini bikin betah dan mager banget kamarnya. Fasilitasnya pun sudah lengkap mulai dari LCD TV dengan channel lokal maupun internasional, coffee and tea maker, slippers, lemari, save deposit box serta wi-fi.

Kamar mandi
Amenities
Amenities
       Untuk kamar mandinya pun bersih dengan toilet dan wastafel yang terpisah dengan ruangan standing shower. Pada ruangan standing shower terdapat jendela kaca yang mengarah ke bed, tapi tenang ada tirainya koq. Hehehe . . . Nah buat kaum hawa juga nggak usah khawatir karena di sini tersedia hair dryer. Ditambah amenitiesnya yang lengkap dan juga wangi. Masih kurang? Bisa minta extra amenities ke house keeping. Gimana, cakep kan kamarnya? Yuk kita lihat-lihat lainnya di Swiss Belhotel Cirebon.

Restaurant
        Setelah seharian jalan-jalan di Cirebon pastinya laper ya, akhirnya aku menikmati makan siang di Swiss Café Restaurant. Menu yang aku cobain itu merupakan signature dish yang menarik banget. Ada apa saja sih?

Menu makan siang

Yang pertama ada Red Pizza, sesuai dengan warna Swiss Belhotel Cirebon yang berwarna merah. Unik banget! Toppingnya ini ada daging, paprika, bawang Bombay dan keju mozarela yang melted banget. Enakk pokoknya. Harganya pun cukup ramah kantong, hanya 85 ribu sudah dapat 8 slice dan juga coca-cola. Asyik kan bisa buat rame-rame sama se-gank.

Red Pizza
Yang kedua, ada Rawon Devil alias Rawon Setan buat pecinta makanan pedas. Asli ini nendang banget rasanya, kuah hitam dari kluwek-nya seger banget. Apalagi makannya ditemani tempe goreng, telur asin, dan kecambah. Mantap kan? Dan terakhir ada Triple Mini Burger, burger dengan ukuran mini serta warna-warna yang menarik pandangan mata. Baru lihat aja rasanya sayang buat dimakan ya?

Rawon Devil
Triple Mini Burger

Traveling tanpa mencicipi kuliner lokal rasanya belum lengkap. Nah, di Swiss Café Restaurant yang berada di lantai 3 ini juga bisa mencicipi kuliner Cirebon lho. Saat makan malam aku mencicipi Empal Gentong, kuliner khas Cirebon. Sekilas mirip sama opor ayam, tapi ini isiannya daging sapi yang empuk. Rasanya nikmat banget saat dimakan dengan nasi dan emping. Aku juga nyicipin Iga Bakar yang empuk banget dagingnya, jadi nggak susah saat makan pakai sendok. Tak lupa pula hidangan penutupnya, Red Velvet Cake yang merahnya menggoda banget. Red Velvet yang satu ini beda banget karena ada aroma kopi di cake-nya dan manisnya pas. Wajib banget kalian nyoba menu-menu ini pokoknya.

Suasana dinner
Menu dinner
Red Velvet
Iga Bakar Kecap
Empal Gentong
Trus gimana sarapannya? Menu-menu buffet saat sarapan variatif banget lho. Yang unik saat sarapan sih ada stall Empal Asem yang rasanya seger banget dan ternyata cocok juga ya dimakan saat sarapan.

Suasana restoran
Menu sarapan pagi
Menu sarapan pilihan aku
Jadi, memang Swiss Café Restaurant ini digunakan untuk sarapan dengan menu buffet serta makan siang dan makan malam dengan menu ala carte yang harganya cukup terjangkau. Restorannya pun ada bagian indoor dan outdoor yang didominasi warna hitam dengan kursi rotan yang menandakan komoditi asli Kota Cirebon. Suasana restoran bagian indoor  terasa mewah sekali dengan lampu-lampu gantung yang unik. Sedangkan restoran bagian outdoor enak untuk nongkrong bareng temen-temen karena menghadap kolam renang.

Swiss Deli
Hampir saja lupa kalau selain ada Swiss Café Restaurant, di sini juga ada Swiss Deli yang menyajikan menu coffee serta aneka cake. Wah lengkap banget ya, satu tempat saja sudah bisa mengeksplorasi banyak menu makanan yang enak-enak. Ngomong-ngomong apa aja sih yang bisa dilakukan di Swiss Belhotel Cirebon ini?

Fasilitas dan Aktivitas
        Banyak hal yang bisa dilakukan selain nongkrong asyik di Swiss Café ataupun Swiss Deli, salah satunya berenang di kolam renangnya yang cukup luas di lantai 3. Cocok banget buat tamu family karena kolam renangnya terbagi jadi dua yakni untuk dewasa dan anak-anak. Sedangkan untuk yang ingin tetap bugar bisa mencoba berolahraga di fitnes center yang belum lama ini dibuka lho, apalagi alat-alat gym-nya lengkap banget.

Kolam renang
Kolam renang
Fitnes Center
Fitnes Center
        Urusan bisnis? Swiss Belhotel Cirebon ini memiliki beberapa ruangan meeting yang bisa digunakan. Didukung akses internet di semua area hotel dengan kecepatan yang stabil membuat agenda kerja bisa berjalan lancar.

        Soal aktivitas yang bisa dilakukan di sini sih jangan ditanya ya karena hotelnya punya pintu khusus ke CSB Mall sehingga tamu hotel bisa shopping atau pun sekedar jalan-jalan dan makan di mall. Mau ke beberapa tempat wisata di Cirebon pun dekat. Seru banget ya, dijamin urusan liburan bisa seru dan urusan bisnis nggak akan bosen.

        Jadi . . . kenyamanan hotel, lokasi strategis, keramahan staff hotel serta banyaknya variasi makanan enak adalah empat hal yang membuat aku betah selama staycation di Swiss Belhotel Cirebon. Highly recommended untuk traveler maupun pebisnis yang menginginkan hotel dengan fasilitas lengkap dan berbagai kemudahan lainnya. Apalagi dengan rate sekitar 700ribuan menurutku worth it dan tidak mengecewakan. Happy staycation ya!

Swiss Belhotel Cirebon
Jalan Cipto Mangunkusumo No 26, Cirebon
T : +62 (231) 829 1888
resvbscr@swissbelhotel.com

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates