Monday, August 26, 2019


       Kota Surakarta atau yang lebih akrab disebut dengan Solo memiliki budaya Jawa yang begitu kental. Masyarakatnya terkenal dengan tutur katanya yang lembut serta santun. Berbicara mengenai budaya Jawa di Solo aku teringat salah satu hotel berkelas bintang empat di tengah Kota Surakarta yang memiliki konsep modern tradisional, siapa lagi jika bukan Novotel Solo yang menurut aku recommended banget untuk jujugan ketika sedang berlibur ke Solo.

Lokasi
        Novotel Solo memiliki lokasi yang strategis karena berada di lokasi wisata budaya, jaraknya hanya sekitar 600 meter dari Museum Radya Pustaka, Stadion Sriwedari, dan Pura Mangkunegaran. Selain itu juga dekat dengan pusat perbelanjaan Singosaren Plaza. Bahkan di area hotel pun sudah ada ATM center sehingga memudahkan untuk transaksi keuangan. Ngomong-ngomong seperti apa sih hotelnya?

Lobby
        Saat awal memasuki halaman parkir Novotel Solo sempat bingung karena hotelnya ternyata satu area dengan Ibis Style Solo, tapi di pintu masuk sudah dipandu oleh satpam yang bertugas. Yang terpenting sih, parkir mobilnya luas dan lega biar aman. Dari lobby aku agak amazed dengan interiornya, terutama di bagian front office karena ada beberapa icon alat-alat sanggul dan kebaya. Unik banget ya? Tak lupa para staf juga menyapa ramah setiap tamu, aku saja check in cukup cepat.

Front Office
Lobby
Tangga di area lobby yang instagramable

Untuk ruang tunggunya mengunakan kursi modern berwarna ungu dengan langit-langit lobby-nya yang menjulang tinggi dan didominasi warna cokelat seperti bangunan Jawa. Terdapat pula tangga menuju lantai dua yang menghubungkan lobby dengan ruang meeting. Bahkan tangga-nya saja punya kesan mewah. Tak lupa, lobby hotel dibawah naungan Accor Group ini selalu menyediakan internet corner untuk tamu.

Internet corner

Kamar
        Nah, kamar yang aku inapi ini merupakan kamar type superior atau type terendah. Uniknya sih ketika di koridor menuju kamar suasananya Jawa banget dari interiornya sampai-sampai lagu yang terdengar pun gending Jawa. Kamar superior ini memiliki luas sekitar 25 m2 dengan panel dindingnya yang khas Jawa juga yakni dengan adanya motif gunungan yang biasanya ada dalam pewayangan.

Kamar type superior
Panel dinding bermotif gunungan
Sofa bed di kamar type superior

Selain itu di kamar juga terdapat sofa bed yang letaknya di dekat jendela, asyik kan bisa menikmati Kota Solo dari ketinggian. Fasilitasnya juga tak kalah lengkap lho mulai dari mini bar, AC, LCD TV, telepon, air minum kemasan, wi-fi, brankas, serta coffee and tea maker. Menariknya lagi ada welcome cake-nya lho, serabi solo yang dimix sama pudding.

Welcome cake
Coffee and tea maker
LCD TV 
Kamar mandinya pun cukup bersih dan luas dengan fasilitas yang memadai mulai dari amenities, standing shower, serta hair dryer. Dan aku paling suka sama amenitiesnya, super lengkap serta kemasannya rapi dan menarik. Boleh juga buat dibawa pulang nih. Hahaha . . .

Kamar mandi
Amenities
Itu tadi kamar superior yang aku inapi, ada juga nih type kamar lain yang jauh lebih luas yaitu executive room dan family room. Di kamar type executive memiliki living room, kamar mandi tamu, bed room dan kamar mandi utama. Sedangkan kamar type family ini recommended untuk tamu yang bawa keluarga karena kamarnya memiliki double bed plus single bed lagi sehingga bisa digunakan untuk orang tua dan dua anak.  

Kamar tidur di Executive room
Ruang tamu di Executive room
Family room

Restoran
        Sebelum bahas restorannya aku mau bahas makan siang ku setelah check in, lebih tepatnya late lunch karena sudah menjelang jam 3 sore. Sengaja pesan room service dengan menu ayam goreng. Tau gimana rasanya? Super duper enakkk, pedasnya nampol banget dan bikin nagih.

Ayam goreng


Jadi, ayam gorengnya ada sambal bawang yang terpisah, lalu diatas ayam goreng juga terdapat cabai, bawang merah dan bawang putih yang digoreng. Endeusss banget Ya Allah, belum pernah makan ayam goreng di hotel seenak ini. Kalian wajib nyobain, yakin nggak bakal nyesel. Aku aja udah semingguan check out dari sana rasanya kepengen lagi dan lagi. Biar lengkap aku pesan minumnya yang seger-seger dong.

Area depan Andrawina Restaurant
Andrawina Restaurant
Andrawina Restaurant
Baru deh saat malam hari aku nyobain makan malam di Andrawina Restaurant yang nuansanya Jawa banget karena di langit-langitnya bermotif gunungan. Di tambah interiornya yang berkonsep modern tradisional dengan lampunya yang temaram, makin syahdu ya. Aku pun pesan Salmon Grill, Cap cay dan jus buah serta ditutup desert yang enak banget (lupa namanya).

Capcay
Salmon Grill
Desert
Trus untuk sarapannya gimana dong? Sarapannya masih di Andrawina Restaurant juga dengan menu-menu yang variatif mulai dari western, Indonesian, dan tradisional. Kalian wajib banget nih nyobain semua variasi menunya, enak-enak soalnya. Terus sarapannya jangan kesiangan ya, karena cuma sampai jam 10. Hayo siapa yang suka bangun siang?

Sarapan pilihanku
       Selain Andrawina Restaurant, Novotel Solo juga memiliki bar dengan nama Saraswati Bar. Tempatnya asyik untuk chill out bareng temen satu gank nih kalau malem-malem karena memang bukanya mulai sore hingga dini hari.

Saraswati Bar

Kolam Renang
        Usai sarapan , jalan-jalan yuk liat kolam renang milik Novotel Solo yang terasa asri dan family friendly. Kolam renang-nya ada dua, yang pertama ambience-nya menenangkan, mungkin karena sepi ya dan rimbunnya pepohonan membuat suasana terasa sejuk bak resort di Bali.

Kolam renang
Kolam renang yang menyatu dengan Ibis Style Yogyakarta

Dan yang kedua, kolam renangnya menyatu dengan Ibis Style Solo dengan desainnya yang modern. Kolam renang ini juga terkoneksi dengan Andrawina Restaurant bagian outdoor-nya. Jadi sambil sarapan bisa menikmati udara segar di tepi kolam renang. Nah, kira-kira ada fasilitas apa lagi ya di Novotel Solo? Yukk ikutin aku . . .

Fasilitas dan Aktivitas
      Fasilitas lain di Novotel Solo yang akan aku bahas terlebih dahulu yaitu kids corner. Dengan adanya kids corner membuat hotel ini sangat family friendly karena selain memiliki kolam renang yang ramah anak-anak, ada tempat bermain indoor untuk anak-anak. Jadi ketika orang tua ada agenda bisnis, anak-anak bisa bermain bahkan tidur siang di kids corner lho. Wah benar-benar memanjakan anak banget ya.

Kids Corner
        Nah, untuk agenda kerja di Novotel Solo memiliki beberapa meeting room yang bisa menampung hingga ribuan orang, dari ruang meeting yang kecil hingga ballroom. Selain itu, di gedung yang terpisah, Novotel Solo juga memiliki fasilitas spa dan fitness center. Di lantai 1 terdapat ruang spa, salon, jaccusi, dan sauna. Sedangkan di lantai 2 ada fitness center yang juga dilengkapi dengan ruangan senam yang terpisah. Alat-alat gym-nya tergolong lengkap, apalagi ruang senamnya juga luas serta lega.

Meeting room
Meeting room
Salah satu ruangan spa
Jacuzzi
Fitness center
       Jika sudah berkeliling seluruh area dan mencoba berbagai fasilitas serta aktivitas di hotel, kalian bisa shopping di Singosaren Plaza atau mall yang terdekat di sekitar hotel. Bahkan yang menyukai barang-barang antik juga bisa berburu di Pasar Antik Triwindu yang instagramable untuk foto-foto. Tertarik untuk nyobain?

        Slogan Feel Welcome dari hotel naungan Accor Group memang membuat aku dan mungkin para tamu lain seperti kembali pulang ke rumah. Kenyamanan serta keramahan yang diberikan oleh staff hotel membuat saya terasa feel likes home di Novotel Solo. Jadi, kapan nih kalian bisa staycation di Novotel Solo?




Novotel Solo
Jalan Slamet Riyadi No 272, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
Telp : +62 271 724 555
Fax : +62 271 724 666
reservation@novotelsolo.com

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates