Tuesday, February 23, 2016


          Surganya sumber mata air atau “umbul” terletak di Jawa Tengah yaitu Klaten, salah satunya “Umbul Manten”. Umbul ini memiliki cerita tersendiri yang begitu melekat pada masyarakat sekitarnya. Konon pada jaman dahulu ketika dua pasangan yang akan menikah atau yang sering disebut “manten” diharuskan untuk membersihkan diri di umbul tersebut. Tujuannya tak lain agar kelak menjalani rumah tangganya dengan baik setelah menikah. 


Bersantai di Umbul Manten

Umbul Manten
          Cerita menarik itu rupanya membuat rasa penasaran saya untuk segera datang dan mengintip segarnya Umbul Manten. Umbul itu terletak di Desa Polanharjo, Klaten atau sekitar satu setengah jam perjalanan dari Yogyakarta. Dengan merogoh kocek sekitar lima ribu rupiah per orang, saya pun memasuki lokasi Umbul Manten yang begitu rindang. Retribusi masuk lokasi Umbul Manten itu masih dikelola masyarakat sekitar. 
           Umbul Manten ini dikelilingi oleh pohon beringin yang cukup besar dengan akarnya yang menjulur panjang. Di bawah pohon beringin itulah Umbul Manten berada. Saya pun segera memasang hammock diantara pohon beringin satu dengan yang lainnya. Lalu, bersiap-siap ganti baju untuk meluncur bebas ke dalam air.

Jernih sekali ya Umbul Manten
Bawah air Umbul Manten
          Saya mencoba menyelami Umbul Manten yang kedalamannya kurang dari dua meter itu. Saat berada di bawah air, pemandangan akar pohon beringin bak terumbu karang di bawah laut. Ada pula bebatuan dan ikan-ikan kecil yang turut menjadi pelengkap properti alam dalam mengabadikan momen bawah air. Hawa dingin sangat terasa ketika berada di bawah air. Mata tak terhalang apapun untuk melihat apa saja yang berada di air. Sungguh menyenangkan. 
 
Abaikan muka saya ya, yang terpenting bawah air Umbul Manten ini segar dan jernih
          Beberapa kali saya mengintari seluruh bawah air umbul tersebut, ada semburan air yang muncul dari bawah tanah yakni mata air. Saya juga mengambil beberapa momen di bawah air dalam berbagai angle. Segar dan jernihnya Umbul Manten ini membuat saya ingin berlama-lama di sini. Terlebih destinasi Umbul Manten ini belum begitu terekspos media secara besar-besaran sehingga masih begitu asri dan bisa menikmari suasana di sekitarnya.

2 komentar

keren banget fotonya, bisa di ajarin dong :D

REPLY

Ane mah sok bisa-bisaan nyelem, ga liat muka udah harlem shake gitu bang. Hahaha

REPLY

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates