Wednesday, March 5, 2014


Jika kebanyakan air terjun itu berada di pegunungan atau di lereng gunung, tempatnya mata air. Tetapi, ketika saya mengunjungi pantai selatan Pacitan ada satu pantai yang begitu menarik perhatian karena keindahan karang dan garis pantainya yang eksotis. Terlebih di pantai ini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Penasaran?
             Menuju pantai ini tak terlalu sulit, jika sudah mengunjungi objek wisata Goa Gong, maka tinggal ikuti saja jalan ke arah selatan. Jika jalan sudah mentok pertigaan maka berbeloklah ke kanan, karena jika ke kiri maka akan menuju Pantai Klayar. Nah...pantai ini harus melewati jalanan yang sangat menurun dan becek serta berbatu. Tetapi, semua lelah pasti akan terbayar lunas dengan keindahan pantai yang luar biasa. Ini dia pantainya, Pantai Banyutibo.


Tebing-tebing di Pantai Banyutibo
         Pantai Banyutibo, dalam bahasa Jawa kata ‘Banyu’ berarti ‘Air’ dan kata ‘Tibo’ berarti ‘Jatuh’. Jadi, Pantai Banyutibo dapat diartikan pantai yang airnya jatuh. Inilah penampakan Pantai Banyutibo, indah kan?


Pantai Banyutibo
Dilihat dari sisi mana pun pantai ini tetap indah dipandang. Hamparan karang yang membentang luas di sepanjang garis pantai. Rasanya jika mengunjungi tempat ini saya ingin berlama-lama. Selain sejuk dan indah, pantai ini juga sepi pengunjung. Apalagi di pantai ini tidak di pungut biaya retribusi, wisata yang murah meriah. Garis pantai dan keindahannya membuat saya tak berhenti mengabadikannya. Keadaan yang sepi inilah yang membuat keindahan pantai Banyutibo ini tetap terjaga. Alangkah baiknya membawa bekal makanan, karena di sana tidak ada orang berjualan. Apakah sudah teracuni untuk mengunjungi tempat indah ini? Segeralah mengunjungi Pacitan, surga pantai di perbatasan Jawa Timur dan Yogyakarta itu.
           

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates