Tuesday, December 24, 2013

              Flores memang tak berhenti membuat saya terpukau dengan keindahan alamnya. Selama tinggal di sini saya selalu menyempatkan waktu weekend saya untuk berjalan-jalan ke tempat yang menurut orang di sini bagus. Bersama dengan kedua teman Adri dan Gerang, saya pun berangkat ke Mauponggo. Perkampungan pesisir ini terletak di ujung selatan Kabupaten Ngada dan berbatasan dengan Kabupaten Nagekeo. Dengan memacu sepeda motor kami pun berangkat jam 4 sore, tiba di sana pukul 6 sore. Perjalanan singkat dan cukup melelahkan, karena bukan Flores namanya jika jalan tak berkelok-kelok.
            Sampai di rumah teman Adri kami makan malam, ngobrol sebentar dan istirahat. Lagi-lagi jalan kemana saja selalu gratis dan hemat. Terima kasih Tuhan . . . Jam 5 pagi saya bangun dan keluar rumah, melihat sunrise yang begitu jelas karena rumah hampir mendekati pantai. Tuan rumah pun sepagi itu sudah menyiapkan kopi dan kue untuk kami. Sambil ngobrol santai kami menikmati kopi pagi yang begitu hangat. Usai menikmati kopi, kami pun segera mandi dan bersiap-siap untuk pergi ke pantai Ena. Jaraknya tak begitu jauh dari rumah itu, mungkin hanya 3 km saja. Kami sempat tersesat saat menuju ke pantai itu karena tugu selamat datang sudah mulai rusak dan tak terawat. Pantai itu sepi sekali, padahal kala itu sedang weekend. Akhirnya sampai juga di pantai Ena.
                      
Pantai Ena
Narsis
Bertapa di Pantai Ena. Hehehe . . .
Kami hanya sekedar berfoto-foto saja disana. Setelah itu kami pulang, mampir ke dermaga untuk bersantai dan membeli ikan di tengah perjalanan. Sekilas memang tak ada yang menarik dari dermaga di Maumbawa ini. Tetapi, cobalah berjalan menyusuri bebatuan yang berada di tengah laut itu dan berdirilah di sana. Indah sekali pemandangannya bukan?

Liat dermaga




View of Dermaga
Matahari sudah naik dan begitu panas, perut pun sudah memanggil untuk di isi sesuap nasi. Kami pun bergegas pulang ke rumah, masak ikan yang sudah di beli saat perjalanan pulang dan menyantapnya. Lelah sekali jalan-jalan weekend ini. Jika sedang mengunjungi kota Bajawa, sempatkan untuk mengunjungi Maumbawa dan Mauponggo yaa . . .

How to get there?
1.      Dari Bajawa sewalah motor, sekitar 80ribu/hari. Arahnya jalannya ke Ende nanti ada petunjuk jalan menuju Maumbawa.
2.     Di Maumbawa maupun Mauponggo tidak ada penginapan. Jadi pergilah di pagi hari dan pulang pada sore hari.
           

Dear Widha . . . . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates